Selasa, 26 Maret 2019

PENANGGULANGAN KEBAKARAN PT. BLUE SHARK


Pagi hari yang cerah pada hari Senin  (18/2/2019) mendadak menjadi pagi yang menegangkan. Pada pukul 10.35 WIB, kantor UPT. Pemadam kebakaran Kab. Gresik, mendapatkan pemberitahuan tentang terjadinya kebakaran di PT. Blue Shark, kompleks Maspion V, Kecamatan Manyar, Kab. Gresik. Bahwa telah terjadi kebakaran di area gudang dan telah menyebar ke gudang berikutnya. Informasi ini segera direspon dengan mengirim 3 unit truk damkar menuju TKK




Karena tingginya beban kalor serta jenis bahan yang tersimpan di dalam gudang masuk dalam kategori mudah terbakar (plastik), maka dengan memaksimalkan bobot serangan terhadap obyek, maka Damkar Kab. Gresik dibantu oleh pihak Damkar kawasan Maspion, JIPEE dan PT. KAS berjibaku bersama dalam memadamkan kebakaran.

Setelah melakukan proses selama 5 jam, proses isolasi titik kebakaran dilanjutkan dengan proses pemadaman, hal ini memerlukan dukungan dengan penambahan personil dan armada, sehingga total ada 5 unit milik Pemda dan 4 unit milik swasta. Dengan menurunkan unit foam, pemadaman dilakukan  dengan ekspansif, dengan harapan kebakaran dapat sepenuhnya ditanggulangi.




Mengingat luasnya lokasi yang terbakar, kebakaran pada PT. Blue shark, dapat sepenuhnya dikuasai dalam tempo 28 jam sejak pertama kali dilaporkan. Alhamdulilah dalam operasi pemadaman tersebut tidak ada jatuh korban jiwa baik personil damkar maupun penghuni gedung, hanya kerugian material yang masih dalam proses perhitungan serta penyebab kebakaran yang masih dalam penyeledikan pihak Kepolisian.