Selasa, 22 Maret 2016

HUT PEMADAM KEBAKARAN KE-97 TAHUN 2016

Dalam rangka memperingati HUT Pemadam Kebakaran yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2016, UPT. Pemadam Kebakaran Kabupaten Gresik, melangsungkan peringatan hari jadi Pemadam Kebakaran tersebut pada tanggal 17 Maret 2016 yang dilangsungkan di Lapangan upacara kantor Bupati Gresik.


Dalam kesempatan tersebut, UPT. Pemadam Kebakaran mengundang unit-unit Damkar dari perusahaan di wilayah Kabupaten Gresik untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut unit Damkar dari 14 perusahaan yang sering terlibat langsung dalam proses penanggulangan kebakaran di wilayah Kabupaten Gresik serta kendaraan dari SKPD lain, diantaranya dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) yang menghadirkan 2 kendaraan taktis serta dari Dinas Kesehatan yang menghadirkan kendaraan Ambulance yang biasa membantu dalam penanganan korban dan keadaan darurat kebakaran.

Dalam peringatan HUT tersebut hadir undangan dari unsur Forpinda (Forum Pimpinan Daerah) diantaranya Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri dan selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Gresik Dr. Ir. H.Sambari Halim Radianto, ST, M.Si.


Sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 003.3/293/SJ tertanggal 29 Januari 2016, dalam kegiatan HUT tersebut dihadiri pula dari beberapa unsur diantaranya, TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dishub serta satuan Pemadam Kebakaran dari perusahaan.


Pada akhir peringatan HUT tersebut, dilangsungkan simulasi penanggulangan kebakaran dengan skenario, terjadi kebakaran pada suatu perusahaan dan dalam proses penanggulangan tersebut Damkar dari Pemerintah Kabupaten Gresik dibantu oleh Damkar dari perusahaan PT. Petrokima Gresik.


Akhir dari kegiatan tersebut diharapkan semakin memupuk kebersamaan antara UPT. Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Gresik dengan unit Pemadam Kebakaran dari perusahaan-perusahaan baik BUMN dan swasta untuk meningkatkan kerjasama dalam hal penanggulangan kebakaran dengan motto yang sama "PANTANG PULANG SEBELUM API PADAM WALAUPUN NYAWA TARUHANNYA".